021 2147 0777

[email protected]

Blog Image

28

Oct

Kemenag Aceh Kupas Rencana Pembukaan Umrah di TVRI

Banda Aceh (PHU)---Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, melalui Bidang Penyelanggaraan Haji dan Umrah (PHU), mengupas tema diskusi Rencana Pembukaan Penyelanggaraan Ibadah Umrah, di TVRI Banda Aceh, Senin (26/10).

Dalam program acara tersebut,  Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Aceh Arijal menyampaikan, bahwa ada tiga tahapan yang telah dilakukan Pemerintah Arab Saudi dalam penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

"Pertama, mengizinkan warga negara Saudi dan ekspatriat yang tinggal di sana (mukimin) untuk menunaikan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 M. Izin ini hanya untuk 30%  dari kapasitas Masjidil Haram sesuai hitungan protokol tindakan pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu enam ribu jemaah umrah per hari," kata Arijal.

Kedua, kata Arijal dengan mengizinkan ibadah umrah dan shalat di Masjidil Haram bagi warga negara Saudi dan mukimin mulai 18 Oktober 2020 M. Jumlahnya bertambah menjadi 75% dari kapasitas Masjidil Haram sesuai hitungan protokol tindakan pencegahan, atau 15 ribu jemaah umrah per hari dan 40 ribu jemaah shalat per hari.

"Ketiga, mengizinkan ibadah umrah dan salat bagi warga Saudi, mukimin dan warga dari luar kerajaan. Rencananya akan dimulai pada 1 November 2020 M sembari menunggu pengumuman resmi kondisi pandemi Covid-19. Pada tahap ini, Masjidil Haram diharapkan dapat menampung 100% sesuai hitungan protokol tindakan pencegahan, yaitu 20 ribu jemaah umrah per hari dan 60 ribu jemaah salat per hari," imbuhnya 

Sementara itu, Kasi Bina Penyelenggaraan Umrah dan Haji Khusus Bidang PHU Azhar yang ikut mendampingi  mengatakan bahwa hingga Oktober 2020 ini telah bertambah banyak PPIU yang berizin yang beroperasi di Aceh.

"Jumlah PPIU induk yang berizin di Aceh ada 19 PPIU, jumlah PPIU cabang berizin, ada 38 PPIU. Sementara yang masih dalam proses izin, PPIU induk, ada 5 PPIU," tandasnya

Sosialisasi penyelenggaraan haji dan umrah, termasuk perkembangan perizinan travel umrah, masa pandemi terus disosialisasikan Kemenag, baik di provinsi maupun di kabupaten/kota pada masyarakat dan travel penyelenggara, termasuk sosialisasi melalui acara bincang-bincang atau Jagong Masalah Haji dan Umrah (Jamarah) di Hermes Palace Banda Aceh, bersama berbagai unsur.

Penulis
Yakub Kemenag Aceh
Editor
husni anggoro

Share This News

Comments